Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai penyebab AC tidak dingin yang menjadi masalah ac Anda.

Cuaca yang panas seperti saat ini membuat badan kita gerah dan kepanasaan da pastinya ingin mendapatk udara yang dingin. Masalah muncul jika AC kita tidak dingin. Kenali penyebab AC tidak dingin sebelum melakukan penanganan.

Penyebab AC Tidak Dingin

Pengertian AC

Pengertian secara umum dari AC (Air Conditioner) suatu rangkaian mesin yang memiliki fungsi sebagai pendingin udara yang berada di sekitar mesin pendingin tersebut.

Jika dilihat dari sisi khusus AC (Air Conditioner) ialah suatu mesin yang di gunakan sebagai pendingin udara yang caranya dengan mensirkulasikan gas refrigerant berada di pipa yang di tekan dan di hisap oleh kompresor.

Penyebab mengapa gas refrigerant yang menjadi pilihan sebagai bahan yang di sirkulasikan, yakni disababkan pada bahan ini mudah menguap dan bentuknya dapat berubah-ubah, yang berbentuk cairan dan gas.

Pipa kondensor akan menjadi panas dan ini berasal dari gas refrigerant yang di tekan oleh kompressor sehingga bahan tersebut menjadi panas .

Serta pada bagian Automatic Expantion Valve pipa tempat sirkulasi gas refrigerant di perkecil, sehingga tekanannya semakin meningkat dan pada pipa evaporator menjadi dingin.

saya akan menjelaskan cara kerja AC khususnya pada AC split yang paling sering digunakan di Mall, Sekolah, Perkantoran, Perusahaan, dll.

Penyebab AC Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Penyebab AC Tidak Dingin

Penyebab AC Tidak Dingin

1. Settingan Remote AC yang Tidak Sesuai.

Pada  umumnya penyebab AC tidak dingin hanya disebabkan karena pengaturan mode pada remote AC yang tidak sesuai. Apabila remote AC di setting pada mode dry atau heat akan mengakibatkan kompresor AC beroperasi.

Untuk mengatasinya cukup dengan melakukan pengaturan mode pada posisi cool atau Auto. Atau Anda juga bisa melakukan pengaturan kipas/fan pada posisi maksimal agar mudah Mengeluarkan angin yang kencang.

2. Outdoor AC Tidak Hidup

Masalah yang sering kali penyebab AC tidak dingin hanya disebabkan karena pengaturan mode pada remote AC yang tidak pas. Apabila remote AC di setting pada mode dry atau heat menyebabkan kompresor AC beroperasi.

Outdoor AC yang tidak hidup mengakbatka AC tidak dingin, kompresor AC tidak akan bekerja mensirkulasikan freon pada jalur pipa AC.

Untuk mengatasinya Anda harus cek arus listrik yang keluar dari indoor, cek juga jalur kabel dari indoor unit ke outdoor unit. Apabila kabel masih bagus dan arus sampai di outdoor unit kemungkinan ada komponen pada outdoor atau kompresor AC yang mengalami kerusakan.

3. Freon AC Kurang/ Habis

Penyebab AC tidak dingin yang lainnya adalah kekurangan freon atau habis freon, zat yang mengandung klorin, Hidrogen, dan broming ini yang membuat AC menjadi dingin.

Jika freon kurang dari tekanan standard yang disarankan pada AC bisa membuat pipa dan evaporator AC menghasilkan gumpalan es, bahkan kalau freon AC kosong otomatis AC tidak akan dingin.

Penyebab freon kurang atau habis karena ada kebocoran pada jalur pipa sirkulasinya, maka dari itu sebelum dilakukan penambahan dan pengisian freon.

Untuk mengatasi kekurangan freon ada baiknya dilakukan pengecekan kebocoran di jalur pipa dan Anda bisa melakukan pengelasan pada pipa yang bocor, Baru setelah itu baru di isi freon.

4. Kipas Indoor Atau Outdoor Tidak Berputar

Fungsi kipas pada unit indoor yaitu untuk menghembuskan udara dingin yang dihasilkan evaporator. Apabila kipas indoor tidak berputar atau putaran lemah akan membuat udara diruangan tidak dingin.

Kipas pada bagian outdoor berfungsi membuang udara panas yang dihasilkan oleh kondensor, jika kipas ini tidak berputar kompresor bisa menjadi panas, bahkan bisa membuat kompresor macet sehingga AC tidak akan dingin.

5. Luas Ruangan Tidak Sesuai Dengan Kapasitas AC.

Sebelum melakukan pemasangan AC Ada baiknya diukur dulu berapa besar ruangan yang akan dipasang AC, Apabila rungan terlalu besar dan kapasitas AC kecil tidak akan menjadika n ruangan menjadi dingin.

Ada baiknya jika Anda ingin memasang AC untuk ruangan 3 M x 3 M dipasang AC ukuran 1/2 Pk, ruangan 3 M x 6 meter AC 1 Pk, dan ruangan 6 Meter x 6 Meter dipasang AC 2 PK.

6. Kondisi Ruangan

Ruangan yang terpapar langsung dengan matahari akan mengakibatkan kinerja ac berkurang, begitu juga kalau dinding ruangan yang terkena sinar matahari langsung.

Proses untuk mengatasinya adalah remote ac di setting pada temperature paling rendah, atau bisa juga dengan mengganti ac dengan kapasitas yang lebih besar.

7. Kabel Koneksi Dari Indoor Ke Outdoor Terputus.

Agar kompresor AC bekerja dibutuhkan arus listrik, jika kabel penghubung antara unit dalam sama unit luar terputus tentu AC tidak akan dingin. Untuk mengatasinya dengan cara mengganti kabel tersebut.

8. Komponen Pada PCB Rusak.

Arus listrik yang menyalakan kompresor diatur melalui komponen yang terdapat pada papan PCB. Jika komponen untuk pengatur arus di papan PCB rusak/ tidak berfungsi membuat AC tidak dingin. Untuk mengatasinya bisa dengan melakukan service PCB atau penggantian PCB baru.

Macam-Macam AC

Pendingin AC seperti sudah menjadi barang wajib untuk beberapa masyarakat di Indonesia, ini tidak terlepas karena cuaca di Indonesia yang sangat panas.

Bahkan diperlukan lebih dari 1 perangkat AC untuk mendinginkan semua ruangan yang ada dirumah, walaupun banyak orang mengatakan pemasangan AC akan membengkakan biaya listrik tetapi hal ini tidak menjadi alasan banyak orang menggunakan AC lebih dari 1.

A. AC Split (Ductless)

jenis AC Ductless

Asak usul kata split dalam padanan AC adalah karena ada bagian dari air conditioner yang terpisah yaitu satu unit indoor dan satu unit outdoor yang berfungsi sebagai compressorexpansion valve dan condenser.

Tidak seperti yang dulu, hanya evaporator dan cooling fan. AC split tidak memerlukan slot khusus seperti AC window, AC Split hanya memerlukan slot  permukaan dinding. AC Split mempunyai kapasitas ½ PK hinga 2,5 PK.

B. AC Central (Ducted)

Jenis AC Ducted

AC central kerap digunakan untuk tempat tempat yang lebih besar dengan area yang lebih besar seperti mall atau hotel. AC jenis ini menggunakan kompresor besar dan satu bagian yang berfungsi sebagai condensing unit diletakkan di luar gedung.  Dan satu satu bagian yang berfungsi sebagai internal evaporative unit diletakkan di dalam gedung.

Di dalam condensing unit terdapat condensing fan, compressor, dan condensor coil sedangkan internal evaporative unit terdapat evaporator coil dan expansion valve.

Kedua bagian ini bekerja sama  untuk mendinginkan suhu udara dalam ruangan. Kapasitas AC Central mulai dari 10 PK hingga 20 PK.

C. AC Cassette

jenis AC Cassette

AC Cassette menempel pada plafon langit-langit. Pemasangan AC Cassette memerlukan keahlian khusus dan tenaga lebih yang berbeda dengan memasang ac lainnya. Jenis AC Cassette mempunyai berbagai ukuran mulai dari 1,5 PK hingga 6 PK.

D. AC Standing Floor/ Portable

Jenis AC Standing Floor

AC standing floor memiliki unit indoor yang berdiri dan bisa dipindahkan. AC ini sering digunakan dalam acara-acara besar. Tipe AC ini memiliki sistem pendingin yang letaknya di dasar bawah mesin yang mengeluarkan panas melalui ventilasi yang terdapat di dinding terluar. AC ini memiliki kapasitas 1 PK hingga 5 PK.

Manfaat dan Fungsi AC

1. Menghindari Dehidrasi

Manfaat yang pertama dalam penggunaan AC ialah AC bisa melindungi kamu dari dehidrasi. Dehidrasi yang disebabkan oleh suhu panas yang berlebih, lalu pada saat berkeringat, cairan tubuh pun akan berkurang.

Penggunaan AC tersebut akan mengurangi resiko Anterkena dehidrasi karena AC menghilangkan suhu panas sebagai penyebab keringat.

2. Mengatasi Heatstroke

Heatstroke merupakan keadaan di mana suhu tubuh Anda meningkat secara drastis akibat terkena suhu panas yang berlebih. Penggunaan AC bisa menjadi solusi untuk menurunkan suhu tubuh dan kestabilan suhu tubuhmu.

Dari udara dingin yang dikeluarkan AC, suhu tubuh akan cepat kembali normal.

3. Meningkatkan Kualitas Udara

AC memiliki kemampuan untuk menyaring polusi dan bakteri. Kemampuan ini akan meningkatkan kualitas udara di ruangan. Kualitas udara yang baik tentunya akan melancarkan dan bisa mencegah gangguan pernapasan.

Tetapi yang harus kamu ingat, kondisi ini hanya berlaku jika AC-mu dalam keadaan bersih, AC yang kotor justru akan memberikan dampak negatif untuk kesehatan.

4. Mengurangi Asma dan Alergi

Sebelumnya telas dijelaskan bahwa AC dapat meningkatkan kualitas udara. Dan juga, kualitas udara yang bagus juga dapat meinimalisirdari asma dan alergi.

Penggunaan AC dapat menghilangkan polusi, bakteri, serta menghambat pertumbuhan jamur dan lumut yang dapat menyebabkan asma maupun alergi.

5. Elemen untuk Relaksasi

AC yang menyejukkan akan menghasilkan rasa nyaman dan meminimalisir tingkat stres dari diri seseorang. Supaya mendapatkan relaksasi yang lebih lagi, Anda dapat menambahkan musik klasik dan lilin aromatherapy yang aromanya akan disebarkan angin dari AC.

6. Meningkatkan Produktivitas

Sebelumnya telah disebutkan, penggunaan AC pada ruangan dapat memberikan kenyamanan pada seseorang. Dalam kondisi nyaman seperti ini, seseorang akan cenderung bekerja atau beraktivitas dengan hati dan pikiran yang nyaman pula.

Berbeda dalam kondisi yang panas. Panas dapat menyebabkan Anda  cepat merasa lelah dan stes, sehingga tidak dapat berpikir jernih.

7. Menjaga Temperamen

Udara panas dapat menurunkan kinerja otak, sehingga menyebabkan peningkatan pada detak jantung dan tekanan darah. Dengan kata lain, AC juga bisa bermanfaat untuk menjaga Anda dari emosional dan cepat marah.

8. Mengatasi Sulit Tidur

AC juga dapat meningkatkan kualitas tidurmu. Suhu tubuh yang panas akan lebih mudah membuat seseorang menajadi kesulitan untuk tidur, pada kondisi demikian rupa AC akan berperan untuk menetralkan suhu tubuhmu.

Tetapi, Anda disarankan jangan gunakan AC di suhu yang terlalu rendah, karena justru akan menggangu tidurmu.

9. Menjaga Suhu Ruang untuk Bayi

Penggunaan AC juga berguna untuk kesehatan pada bayi lho, Toppers. Bayi memag tidak bisa mengatur suhu tubuhnya, dan di sini AC berperan untuk menetralkan atau menstabilkan suhu tubuhnya.

Bukan hanya itu, tentunya AC akan membuat tidur si bayi semakin nyenyak, da juga akan meminimalisir resiko dehidrasi, heatstroke, dan ruam kulit.

10. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan, terungkap bahwa penggunaan AC ternyata bisa bermanfaat untuk menurunkan risiko komplikasi penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena penggunaan AC akan memengaruhi kebersihan udara dan suhu panas berlebih.

Jika kamu tinggal di daerah dengan kelembapan tinggi, ditambah suhu udara yang panas di siang hari. Ini bisa membuat kualitas napas menjadi berkurang.

Alasannya, karena kondisi tersebut menyebabkan stres pada jantung dan fungsi kardiovaskular, sehingga meningkatkan risiko serangan jantung.

Rekomendasi Merk AC Terbaik dan Paling Irit

Memilih AC bukanlah perkara mudah. Untuk itu, pastikan untuk memilih merk AC terbaik saja.

Jadi, tidak perlu khawatir lagi salah beli karena membeli AC dari merek yang tidak dikenal hanya karena alasan harganya yang murah.

1. AC Daikin

Sudah menjual ke lebih dari 140 negara, Daikin merupakan salah satu produsen AC terbaik yang ada saat ini.

Untuk itulah kamu tidak perlu lagi meragukan kualitas AC dari merek yang satu ini.

Beberapa tipe terbaik yang dimiliki AC dari Daikin sebagai berikut:

  • Energy Saving,
  • Quiet Operation, dan
  • Comfortable Airflow Control

Ketiga tipe inilah yang menjadikan AC ini menawarkan kenyamanan terbaik serta hemat listrik.

2. AC Sharp

Sharp adalah merek yang dikenal memproduksi sangat bayak  barang-barang elektronik, termasuk AC.

Meskipun demikian, bukan berarti merek yang satu ini tidak berfokus untuk menawarkan fitur terbaik pada AC yang diproduksi oleh mereka.

Salah satu keunggulan yang tidak dimiliki kompetitornya yakni fitur Plasmacluster yang bisa melindungi ruangan dari jamur, alergen, dan bau.

3. AC Panasonic

Teknologi yang menjadi keunggulan dari Panasonic meliputi Advance E-ion Purifying System yang disebut bisa melumpuhkan 99% virus, bakteri, dan jamur.

Teknologi yang sudah disebutkan demikian dapat membuat udara menjadi segar , sejuk, dan bebas dari penyakit.

Bikan haya itu, Panasonic juga mempunyai teknologi Mild Dry Cooling yang bisa mempertahankan kelembapan hingga 10%.

4. AC LG

LG mempunyai AC yang telah dibekali dengan Ionazer Serilization yang dapat dimanfaatkan untuk mensterilkan bakteri dan menghilangkan bau hingga 99,99%.

Tidak hanya itu, fitur kebanggaan dari merek yang satu ini adalah Jet Cool yang berfungsi untuk mendinginkan ruangan dengan lebih cepat.

Jika dilihat dari sisi hemat listrik, AC dari LGi ni pun sudah dilengkapi degan fitur Active Energy Control.

Fitur ini dapat mengontrol tingkat konsumsi listrik dan kapasitas pendingin mampu diatur secara efektif.

5. AC Samsung

Jika berbicara soal merk AC terbaik, sudah pasti belum lengkap jika Samsung belum dimasukkan ke dalam daftar.

AC dari Samsung didesain sedemikian rupa sehingga sangat cocok dengan kebutuhan masyarakat Indonesia yang…membutuhka AC yang cepat dingin namun tetap ekonomis dan pastinya tahan lama.

Hal tersebut mampu diwujudkan oleh Samsung dengan menghadirkan fitur Triple Protector yang bisa menghindarkan kompresor dan controller dari kelebihan beban aliran listrik.

6. AC Gree

Salah satu merk AC paling unggul yang satu ini ialah produsen AC pertama yang menggunakan tekonlogi Triple Protection, yaitu tahan api, anti bocor, dan anti temperatur tinggi.

Tiadak hanya itu, teknologi canggih tersebut juga dipermanis dengan fitur refrigerant R32 yang mempunyai efisiensi tinggi dan  tentunya ramah lingkungan.

7. AC AUX

AUX memang  kurang dikenal di Indonesia.

Namun, sebenarnya AUX merupakan merek yang bagus karena mereka menawarkan mesin dan bagian luar yang mampu terhindar dari karat.

Tidak hanya itu, AC yang diproduksi oleh mereka pun telah dilengkapi dengan fitur Multi Fan Speed sehingga udara di dalam ruangan akan dingin dengan cepat. Terlebih, semua AC keluaran AUX dijamin hemat energi.

Berikut merupakan beberapa AC dari AUX yang laris di pasaran:

  • FO TYPE
  • DA TYPE
  • YR TYPE
  • FFR1 TYPE

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai beberapa penyebab AC tidak dingin dan masalah AC Anda. Anda bisa memanggil tukang service AC untuk memperbaiki masalah AC Anda. Karena sudah banyak yang menerima jasa service AC misalnya jasa service AC jogja. Semoga bermanfaat untuk Anda.

× Whatsapp Kami!