Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mengatasi ac bocor.

Pengertian  AC

AC adalah sebuah proses mengubah sifat-sifat udara (terutama suhu dan kelembaban). dan AC bisa merujuk pada segala bentuk teknologi pendinginan, pemanasan, ventilasi, atau disinfeksi yang memodifikasi kondisi udara. AC (sering terkenal sebagai penyejuk udara) adalah suatu alat, sistem, atau mesin yang dirancang untuk mengubah suhu dan kelembaban udara dalam suatu area.

(digunakan untuk pendinginan dan kadang-kadang pemanasan tergantung pada sifat udara pada saat tertentu), biasanya menggunakan siklus refrigerasi tapi kadang-kadang menggunakan penguapan, biasanya untuk pendinginan kenyamanan dalam bangunan dan kendaraan bermotor.

Konsep dasar AC diketahui sudah diterapkan di Mesir kuno dimana alang-alang tergantung di jendela-jendela yang menyebabkan air menetes. Penguapan air didinginkan udara bertiup melewati jendela, meskipun proses ini juga membuat udara lebih lembab. Di Roma kuno, air dari saluran air di edarkan melewati dinding rumah tertentu untuk mendinginkan ruang tersebut.

cara lainnya di Persia abad pertengahan melibatkan penggunaan tangki air dan menara angin untuk mendinginkan bangunan selama musim panas. AC modern muncul dari kemajuan kimia / ilmiah selama abad 19, dan pengkondisian udara skala besar pertama listrik ditemukan dan digunakan pada tahun 1911 oleh Haviland Willis.

Manfaat dan Kerugian Menggunakan AC Bagi Kesehatan

Sistem pendingin udara bisa meningkatkan pertumbuhan dan penyebaran mikroorganisme, seperti Legionella pneumophila, agen penular yang dapat menyebabkan penyakit legiuner ‘, atau aktinomisetes termofilik, namun, ini hanya terjadi di mana AC kurang terawat. Selama AC ini masih terawat (biasanya dengan cara pengobatan klorin), makabahaya kesehatan bisa dihindari.

Sebaliknya, AC (termasuk filtrasi, pendinginan humidifikasi, dan desinfeksi) bisa digunakan untuk memberikan keadaan yang bersih, aman, suasana hypoallergenic di kamar operasi rumah sakit dan lingkungan lain di mana suasana yang tepat dan sangat penting untuk keselamatan pasien dan kenyamanan selama berada di sebuah ruangan.

AC bisa mempunyai efek negatif pada kulit, pengeringan kulit keluar, dan juga dapat menyebabkan dehidrasi. Tetapi AC mempunyai efek positif pada penderita alergi dan asma. Perlu diketahui AC merupakan salah satu penyebab Pemanasan Globa.

Jenis Jenis Ac

Salah satu kegunaan utama AC adalah tentu saja untuk menurunkan atau menaikkan suhu ruangan sehingga suhu di ruangan Anda bisa menjadi nyaman sesuai dengan yang Anda inginkan.

Sebelum Anda pergi ke toko elektronik untuk membeli AC, ketahui dulu beberapa jenis AC karena penting untuk mengetahui jenis-jenisnya sebelum membeli.

Anda bisa menyesuaikan jenis AC sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah 5 jenis AC yang paling populer yang harus Anda ketahui :

1. AC Split

Cara Mengatasi AC Bocor

AC Split adalah salah satu jenis AC yang paling sering ditemui di Indonesia, dengan 2 komponen utama yaitu: unit pendingin yang biasanya diletakkan atau dipasang di dalam ruangan dan juga unit pembuang panas berbentuk persegi yang biasanya diletakkan di luar ruangan.

AC Split ini dalam pemasangan unit pendingin yang ada di dalam ruangan membutuhkan lubang di dinding supaya bisa terpasang. Bagi Anda yang ingin membeli AC Split, ada baiknya supaya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja kelebihan dan juga kekurangan dari AC jenis ini sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Setelah membahas kelebihan dan kekurangan, kami juga akan serta merta memberikan informasi mengenai jenis AC Split kepada Anda semua.

Kelebihan AC Split :

  • Harga dari AC Split lebih terjangkau atau lebih murah daripada jenis AC lainnya.
  • Dari segi perawatan bisa dilakukan dengan mudah karena bisa dibersihkan sendiri secara manual, dan untuk biaya perawatan atau service jenis AC Split juga cukup terjangkau dibandingkan jenis AC lainnya.
  • Lebih cepat mendinginkan hawa di ruangan daripada jenis AC lainnya (terutama jika menggunakan AC Split tipe inverter).
  • Mudah dicari di berbagai toko elektronik online maupun offline.
  • Tidak berisik atau tidak bising.

Kekurangan AC Split

  • Untuk segi penggunaan daya listrik, AC Split terhitung lebih boros daripada jenis AC lainnya terutama jika AC sering dinyalakan dan dimatikan akan memakan lebih banyak biaya listrik.
  • Untuk segi tampilan dan estetika kurang karena AC Split masih memiliki komponen yang menonjol entah itu di dalam ruangan atau di luar ruangan dan membutuhkan space untuk pemasangannya.

2. AC Window

Cara Mengatasi AC Bocor

Jenis AC kedua yang perlu Anda ketahui adalah AC Window. AC ini merupakan salah satu jenis AC tipe lama dan bisa dibilang jarang ditemui lagi di jaman yang modern ini. Sesuai dengan namanya memiliki bentuk yang kotak dan juga berukuran lumayan besar dibandingkan dengan AC yang kita gunakan pada saat ini.

AC Window sudah sangat jarang digunakan karena dianggap tidak efisien. Kali ini kami sebagai kontraktor AC Jakarta akan memberikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari AC Window sehingga Anda bisa mempertimbangkannya sebelum membeli AC ini.

Kelebihan AC Window :

  • Dibandingkan dengan jenis AC lainnya, AC Window adalah AC yang paling hemat energi karena Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya perawatan dan biaya tagihan listrik.
  • Tidak mengambil terlalu banyak ruang di rumah karena langsung diinstal pada jendela pendinginan.

Kekurangan AC Window :

  • Pilihan AC terbatas pada bentuk model jendela sehingga mungkin akan sulit menemukan model AC yang sesuai.
  • Bisa menghalangi cahaya atau udara alami yang masuk dari jendela karena AC dipasang di jendela.
  • Pemasangan dan instalasi AC sangat sulit dan memerlukan banyak tenaga karena harus melubangi jendela atau tembok dengan ukuran yang cukup besar sehingga tidak efisien.

3. Central

Cara Mengatasi AC Bocor

Jenis AC yang ketiga adalah AC Central, AC Central ini merupakan salah satu jenis AC yang biasanya dipasang di tempat-tempat umum seperti area perkantoran atau mall.

AC ini memiliki ukuran yang besar dan memiliki bentuk seperti corong yang menempel di langit-langit. Walau mungkin kita melihat mereka menempel di langit-langit, namun AC Central memiliki sebuah mesin utama yang bertugas untuk mengatur sirkulasi udara dan suhu ruangan.

Supaya kamu makin mengenal AC Central maka kali ini kami juga akan membahas mengenai kelebihan dan juga kekurangan dari AC Central ini.

Kelebihan AC Central :

  • Dari segi perawatan dan service AC Central lebih mudah dibandingkan dengan tipe AC yang lainnya.
  • Kebisingan dan juga getaran mesin utama yang ditimbulkan oleh sistem AC Central ini tidak akan mempengaruhi ruangan.
  • Lebih efisien karena beban pendingin ruangan di seluruh ruangan yang ada di dalam bangunan bisa dikontrol dari satu sistem unit AC Central saja.
  • Cocok digunakan untuk ruangan yang luas seperti bangunan mall atau bangunan perkantoran.

Kekurangan AC Central :

  • Harga pembelian dan pemasangan AC Central cukup mahal dibandingkan dengan tipe AC lainnya.
  • Biaya operasional untuk AC Central juga lumayan mahal karena harus merawat satu mesin utama yang menjadi pengontrol dari pendingin udara lainnya.
  • Jika salah satu bagian atau komponen AC Central ada yang mengalami gangguan atau kerusakan maka AC Central tidak dapat beroperasi.
  • Jika suhu ruangan atau temperatur udara terlalu dingin atau rendah maka untuk mengatur harus pada termostat yang ada pada koil pendingin di komponen AHU.
  • Proses perbaikan AC Central membutuhkan waktu yang lumayan lama.

4. AC Tower / Floor Standing

 

Kami sebagai kontraktor AC Jakarta selanjutnya akan memberikan informasi mengenai jenis AC yang keempat yaitu AC Tower. Mungkin beberapa dari Anda masih asing dengan AC yang satu ini.

Sebenarnya, AC Tower ini tidak jauh beda dengan AC Split, namun memiliki perbedaan yaitu AC Tower lebih besar ukurannya. Kalau AC Split diletakkan di dinding bagian atas, AC Tower ini diletakkan di lantai dan memiliki bentuk hampir seperti lemari.

Selain AC Split, AC jenis ini juga banyak dipilih oleh masyarakat. Untuk memudahkan Anda dalam memilih tipe AC yang sesuai dengan kebutuhan Anda maka kali ini kami akan memberikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari AC Tower.

Kelebihan AC Tower

  • AC Tower atau Floor Standing lebih hemat energi daripada jenis AC lainnya sehingga biaya tagihan listrik bisa dihemat cukup signifikan.
  • Karena bentukny kaya lemari atau kulkas dan biasanya memiliki roda di bagian bawah, AC Tower ini bisa dipindahkan kemana saja sesuai yang Anda inginkan sehingga sangat memudahkan.
  • Dari segi harga, AC Tower mempunyai harga yang cukup terjangkau.
  • AC Tower lumayan cepat dalam mendinginkan ruangan.
  • Dari segi perawatan, AC Tower ini mudah perawatannya sehingga dapat dilakukan sendiri secara manual.

Kekurangan AC Tower

  • Biasanya AC Towermempunyai suara yang cukup bising karena power energi AC  yang cukup kuat.
  • Membutuhkan ruang atau space yang luas untuk menaruh AC Tower ini di dalam ruangan. Sehingga tidak cocok untuk ruangan yang kecil karena bisa membuat ruangan menjadi sempit.

Bagi Anda yang ingin membeli tipe AC yang hemat energi dan ingin memindah AC kemana-mana tanpa harus repot bongkar pasang maka kami menyarankan supaya Anda membeli AC dengan jenis Tower atau yang sering disebut dengan AC Floor Standing ini karena sangat mudah untuk dipindahkan.

Namun pahami  juga apakah di ruangan Anda, ada space lebih untuk tempat AC ini? Karena kalau tidak ada space maka dapat menyebabkan ruangan terlihat menjadi lebih sempit.

Penyebab dan Cara Mengatasi AC Bocor

Seperti yang sudah dijelaskan tadi sebelum anda tahu cara mengatasi AC yang bocor, kamu perlu tahu apa saja penyebabnya.

1. Saluran Pembuangan Kurang Miring dan Terlalu Panjang

Alasan atau penyebab yang pertama AC anda bisa bocor merupakan saluran pembuangan yang kurang miring. Karena saluran pembuangan yang landai atau tidak miring dapat membuat air buangan tidak mengalir dan keluar dengan lancar.

Nah, air buangan yang mengendap itu lah yang membuat AC menjadi bocor. Selain posisi saluran pembuangan yang kurang miring, ternyata panjang pendeknya saluran pembuangan juga berpengaruh loh.

Saluran pembuangan yang terlalu panjang dapat membuat air buangan tidak mengalir dan terbuang dengan lancar. Bisa juga terjadi penimbunan dan akhirnya terjadi kebocoran.

2. Air Pembuangan Mampet atau Terhambat

Penyebab yang kedua masih berhubungan dengan pembuangan. Seperti air pembuangan tidak mengalir dengan baik karena mampet.

Walaupun AC sendiri hanya mengeluarkan air untuk pembuangannya. Bukan tidak mungkin ada debu atau kotoran yang terbawa pada saat proses pembuangan.

Karena tersebutlah yang mengakibatkan air pembuangan mampet atau tidak bisa mengalir dengan baik. Sehingga menyebabkan kebocoran.

3. Adanya Kondensasi Pipa

Penyebab yang satu ini sebenarnya merupakan penyebab yang alami. Masalah ini terjadi karena perbedaan suhu antara suhu ruangan dan juga suhu pada pipa.

Kebanyakan masalah kondensasi pipa ini terjadi saat perangkat AC yang usianya sudah lama. Hal tersebut karena pembungkus pipa atau dapat kita sebut armaflex yang sudah aus.

4. Pompa Drain Tidak Bekerja dengan Baik

Untuk penyebab yang satu ini dapat dikarenakan usia dari AC. Namun, dapat juga di sebabkan oleh kesalahan teknis yang membuat pompa drain tidak berfungsi.

5. Ada Celah

Penyebab yang satu ini dapat dibilang penyebab yang susah diketahui. Biasanya saat anda telah melakukan segala penanganan dan AC masih saja bocor.

Bisa saja AC tersebut ada celah yang menyebabkan air pembuangan justru tidak keluar melalui saluran pembuangan. Namun, malah keluar melalui celah tersebut.

6. Pemasangan AC yang Tidak Sempurna

Instalasi atau pemasangan AC ternyata juga berpengaruh pada cara kerja dari AC. Untuk AC bocor sendiri ternyata dapat dipengaruhi oleh pemasangan AC.

Nah, itu tadi adalah beberapa penyebab AC kamu bisa bocor. Setelah anda tahu penyebabnya barulah kamu perlu tahu juga bagaimana sih cara memperbaiki atau mengatasi AC yang bocor.

Cara Mengatasi AC Bocor

1. Buka Casing dan Cek Selang

Jika permasalahan saluran pembuangan kurang miring. Yang harus dilakukan pertama adalah dengan membuka casing dari AC (unit indoor).

Kemudian itu cek dan pastikan selang di bagian outdoor miring. Dengan begitu aliran air pembuangan akan mengalir lancar dan hal tersebut akan mencegah AC bocor. Langkah diatas juga bisa kamu lakukan untuk mengatasi AC bocor Indoor.

2. Potong Saluran Pembuangan

Jika permasalahan ada pada saluran pembuangan yang terlalu panjang sehingga menyebabkan air hasil pembuangan tidak mengalir dengan baik.

Maka sebaiknya potong saja salurannya. Gunakan panjang saluran seperlunya.

3. Bersihkan Saluran Pembuangan

Jika penyebabnya merupakan air pembuangan tidak keluar dengan baik atau mampet. Kamu bisa bersihkan saluran pembuangannya.

Langkah pertama cabut kabel dari stop kontak. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari atau mengurangi resiko tersetrum.

Selanjutnya buka casing untuk unit indoor. Kemudian itu semprot dengan air pada bagian saluran pembuangan. Tentukan juga kotoran mengalir dan keluar dari saluran pembuangan. Setelah itu pasang kembali.

4. Gunakan Selotip

Jika terlihat pipa saluran pembuangan bocor dalam artian berlubang. Kamu bisa gunakan selotip khusus untuk pipa. Tutup menggunakan selotip tersebut dan lihatlah air tidak menetes lagi.

5. Panggil Tenaga Ahli

Apabila semua penanganan sudah dilakukan, namun AC masih saja bocor. Sebaiknya kamu panggil tenaga ahli dalam memperbaiki AC.

Karena dapat saja ada hal-hal yang kita tidak tahu yang menyebabkan AC itu bocor. Mungkin ada celah yang kita tidak bisa menjangkaunya.

Atau bisa juga ada kerusakan pada komponen AC. Memanggil tenaga ahli bisa mengurangi resiko kerusakan AC semakin parah.

Nah, itu tadi adalah beberapa ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi AC yang bocor. Intinya ketika AC bocor. Kamu cari tahu dahulu apa penyebabnya.

Setelah itu kamu bisa lakukan penanganan-penanganan di atas. Namun, jika dirasa tidak berhasil maka lebih baik panggil tukang servis AC misalnya tukang jasa service ac jogja.

× Whatsapp Kami!